Kesebangunan dan Kekongruenan (soal dan pembahasan)
Kesebangunan dan Kekongruenan
Segitiga ABC dengan panjang sisi 6 cm, 8 cm dan 12 cm sebangun dengan segitiga DEF yang panjang sisinya 12 cm, 9 cm dan 18 cm. Perbandingan sisi-sisi segitiga ABC dan segitiga DEF adalah ….
A. 3 : 4
B. 2 : 3
C. 1 : 2
D. 1 : 3
Pembahasan:
Urutan sisi-sisi segitiga ABC dari yang terpendek adalah 6 cm, 8 cm, dan 12 cm.
Pembahasan:
Dua segitiga dikatakan kongruen jika kedua segitiga tersebut sama dan sebangun. Pernyataan yang benar dari segitiga ABC dan DEF adalah
Perhatikan gambar berikut ini!

Pada segitiga PQR, QT adalah garis bagi sudut Q,
. Segitiga yang kongruen adalah ….
Pembahasan:
Dua segitiga dikatakan kongruen jika kedua segitiga tersebut sama dan sebangun.
Hallo sobat atikroest, pada halaman ini akan mengupas tentang contoh soal kesebangunan dan kekongruenan. Seperti kisi-kisi yang telah dikeluarkan BSNP, materi kesebangunan dan kekongruenan akan kembali muncul di ujian nasional. Kisi-kisi untuk kesebangunan dan kekongruenan diberikan dalam 3 (tiga) level kognitif, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Halaman ini akan membahas kisi-kisi UN 2019 dengan materi kesebangunan dan kekongruenan untuk level pengetahuan dan pemahaman.
Simak kumpulan soal UN dengan materi kesebangunan dan kekongruenan pada pembahasan di bawah.
BAGIAN I
BAGIAN I
Contoh 1: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2014
Perhatikan gambar!

Banyak pasangan segitiga yang kongruen adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Pembahasan:
Banyak pasangan segitiga yang kongruen ada 2 pasang, yaitu

Banyak pasangan segitiga yang kongruen adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Pembahasan:
Banyak pasangan segitiga yang kongruen ada 2 pasang, yaitu
Jawaban: B
Contoh 2: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013
Diketahui
dan
kongruen, besar
,
, dan
. Persamaan sisi yang sama panjang adalah ….
A. AB = DF
B. AB = DE
C. BC = DF
D. AC = EF
Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Pada dua segitiga yang kongruen, panjang sisi suatu segitiga berhubungan dengan sudut yang menghadap sisi tersebut. Misalnya, panjang sisi dengan sudut
di segitiga pertama akan memiliki panjang sisi yang sama dengan sudut
pada segitiga ke dua.
A. AB = DF
B. AB = DE
C. BC = DF
D. AC = EF
Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Pada dua segitiga yang kongruen, panjang sisi suatu segitiga berhubungan dengan sudut yang menghadap sisi tersebut. Misalnya, panjang sisi dengan sudut
Jadi, persamaan sisi yang sama panjang adalah AB = DE, CB = EF, dan AC = DF.
Jawaban: B
Contoh 3: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013
Segitiga ABC dengan panjang sisi 6 cm, 8 cm dan 12 cm sebangun dengan segitiga DEF yang panjang sisinya 12 cm, 9 cm dan 18 cm. Perbandingan sisi-sisi segitiga ABC dan segitiga DEF adalah ….
A. 3 : 4
B. 2 : 3
C. 1 : 2
D. 1 : 3
Pembahasan:
Urutan sisi-sisi segitiga ABC dari yang terpendek adalah 6 cm, 8 cm, dan 12 cm.
Urutan sisi-sisi segitiga DEF dari yang terpendek adalah 9 cm, 12 cm, dan 18 cm.
Pada segitiga yang sebangun, sisi-sisi yang bersesuaian akan sebanding.
Perbandingan sisi tersebut dinyatakan dalam persamaan di bawah.
Jawaban: B
Contoh 4: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2009
Pada gambar di samping, segitiga ABC kongruen dengan segitiga DEF.

Panjang EF adalah ….
A. 5 cm
B. 6 cm
C. 6,5 cm
D. 7 cm
Pembahasan:
Segitiga pada soal merupakan dua segitiga yang kongruen. Sisi EF bersesuaian dengan sudut dengan tanda
. Jadi, panjang sudut EF adalah 7 cm.

Panjang EF adalah ….
A. 5 cm
B. 6 cm
C. 6,5 cm
D. 7 cm
Pembahasan:
Segitiga pada soal merupakan dua segitiga yang kongruen. Sisi EF bersesuaian dengan sudut dengan tanda
Jawaban: D
Contoh 5: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2008
Perhatikan gambar di samping!

Panjang BC adalah ….
A. 24 cm
B. 18 cm
C. 12 cm
D. 9 cm
Pembahasan:
Perhatikan kembali gambar di bawah!

Dua perbandingan antara segitiga APQ dan ABC akan menghasilkan persamaan di bawah.

Panjang BC adalah ….
A. 24 cm
B. 18 cm
C. 12 cm
D. 9 cm
Pembahasan:
Perhatikan kembali gambar di bawah!

Dua perbandingan antara segitiga APQ dan ABC akan menghasilkan persamaan di bawah.
Jadi, panjang BC adalah 18 cm.
Jawaban: B
Contoh 6: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2008
Perhatikan gambar!

Segitiga ABC dan DEF kongruen. Di antara pernyataan berikut, yang benar adalah ….

Segitiga ABC dan DEF kongruen. Di antara pernyataan berikut, yang benar adalah ….
Pembahasan:
Dua segitiga dikatakan kongruen jika kedua segitiga tersebut sama dan sebangun. Pernyataan yang benar dari segitiga ABC dan DEF adalah
Jawaban: D
Contoh 7: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2007
Perhatikan gambar berikut!

Panjang TQ adalah ….
A. 4 cm
B. 5 cm
C. 6 cm
D. 7 cm
Pembahasan:

Panjang TQ adalah ….
A. 4 cm
B. 5 cm
C. 6 cm
D. 7 cm
Pembahasan:
Jawaban: C
Contoh 8: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2006
Perhatikan gambar berikut ini!

Pada segitiga PQR, QT adalah garis bagi sudut Q,
Dua segitiga dikatakan kongruen jika kedua segitiga tersebut sama dan sebangun.
Segitiga yang kongruen adalah $
Jawaban: A
Contoh 9: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2006
Perhatikan gambar berikut ini!

Nilai x adalah ….
A. 1,5
B. 6
C. 8
D. 10
Pembahasan:

Nilai x adalah ….
A. 1,5
B. 6
C. 8
D. 10
Pembahasan:
Jawaban: B
BAGIAN II
BAGIAN III
BAGIAN II
Contoh 1: Soal UN MATEMATIKA SMP 2016
Febri mempunyai tinggi badan 150 cm. Ia berdiri pada titik yang berjarak 10 m dari sebuah gedung. Ujung bayangan Febri berimpit dengan ujung bayangan gedung. Jika panjang bayangan Febri adalah 4 m, maka tinggi gedung adalah ….
A. 5,25 m
B. 5,50 m
C. 6,25 m
D. 6,75 m
A. 5,25 m
B. 5,50 m
C. 6,25 m
D. 6,75 m
Pembahasan:
Perhatikan gambar berikut!

Perhatikan segitiga ABE dan segitiga ACD!
Berdasarkan prinsip kesebangunan dapat diperoleh 

Sehingga,
Jawaban: A
Contoh 2: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2014
Perhatikan gambar di samping!

Panjang TR adalah ….
A. 2 cm
B. 3 cm
C. 4 cm
D. 5 cm

Panjang TR adalah ….
A. 2 cm
B. 3 cm
C. 4 cm
D. 5 cm
Pembahasan:
Jawaban: B
Contoh 3: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2010
Sebuah foto berukuran tinggi 30 cm dan lebar 20 cm ditempel pada sebuah karton. Sisa karton di sebelah kiri, kanan, atas foto 2 cm. jika foto dan karton sebangun, sisa karton di bawah foto adalah …
A. 5 cm
B. 4 cm
C. 3 cm
D. 2 cm
A. 5 cm
B. 4 cm
C. 3 cm
D. 2 cm
Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Perhatikan gambar di bawah!

Menccari sisa karton di bawah foto:
Jawaban: B
Contoh 4: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2009
Sebuah gedung mempunyai panjang bayangan 56 m di atas tanah mendatar. Pada saat yang sama seorang siswa dengan tinggi 1,5 m mempunyai bayangan 3,5 m. Tinggi gedung sebenarnya adalah …
A. 18 m
B. 21 m
C. 22 m
D. 24 m
A. 18 m
B. 21 m
C. 22 m
D. 24 m
Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Perhatikan gambar di bawah!

Mencari tinggi gedung:
Jadi, tinggi gedung tersebut adalah 24 meter.
Jawaban: D
Contoh 1: Soal UN MATEMATIKA SMP 2016
Perhatikan gambar berikut!

Jika CF : FB = 2 : 3 dan CD = 12 cm, maka panjang EF adalah ….
A. 6 cm
B. 9 cm
C. 12 cm
D. 18 cm
A. 6 cm
B. 9 cm
C. 12 cm
D. 18 cm
Pembahasan:
Berdasarkan keterangan pada soal, kita dapat mengetahui ukuran masing-masing sisi, seperti terlihat pada gambar berikut.

Berdasarkan keterangan pada soal, kita dapat mengetahui ukuran masing-masing sisi, seperti terlihat pada gambar berikut.

Untuk menghitung EF, gunakan rumus di bawah.
Sehingga,
Jawaban: D
Contoh 2: SOAL UN MATEMATIKA SMP 2016
“Lebar Sungai”
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu dia menancapkan tongkat sehingga berada pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran seperti pada gambar.

Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A. 11 m
B. 12 m
C. 15 m
D. 16 m
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu dia menancapkan tongkat sehingga berada pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran seperti pada gambar.

Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A. 11 m
B. 12 m
C. 15 m
D. 16 m
Pembahasan:
Perhatikan sketsa berikut!

Lebar sungai dapat dihitung dengan memanfaatkan kesebangunan segitiga.
Lebar sungai = DP
Perhatikan sketsa berikut!

Lebar sungai dapat dihitung dengan memanfaatkan kesebangunan segitiga.
Lebar sungai = DP
Jadi, lebar sungai = DP = 12 m.
Jawaban: B
Contoh 3: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013
Perhatikan gambar!

Panjang EF adalah ….
A. 20 cm
B. 21 cm
C. 23 cm
D. 26 cm

Panjang EF adalah ….
A. 20 cm
B. 21 cm
C. 23 cm
D. 26 cm
Pembahasan:
Rumus singkat untuk mencari panjang EF adalah sebagai berikut.
Rumus singkat untuk mencari panjang EF adalah sebagai berikut.
Jawaban: C
Contoh 4: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2011
Perhatikan gambar berikut!

Segitiga ABC adalah segitiga siku-siku samakaki. Jika AB = 10 cm dan CD garis bagi sudut C, panjang BD adalah ….

Segitiga ABC adalah segitiga siku-siku samakaki. Jika AB = 10 cm dan CD garis bagi sudut C, panjang BD adalah ….
Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Berdasarkan gambar, diperoleh informasi bahwa
AB = BC = CE = 10 cm
BD = DE = AE
Perhatikan gambar di bawah!

Berdasarkan gambar, diperoleh informasi bahwa
AB = BC = CE = 10 cm
BD = DE = AE
Mencari nilai AC:
Perhatikan
Besar sudut BCA adalah
(segitiga siku-siku sama kaki), sehingga
Perhatikan

Besar sudut BCA adalah

Mencari panjang BD:
Jawaban: B
Contoh 5: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2010
Perhatikan gambar!

P dan Q adalah titik tengah diagonal BD dan AC. Panjang PQ adalah .…
A. 5 cm
B. 4 cm
C. 3 cm
D. 2 cm

P dan Q adalah titik tengah diagonal BD dan AC. Panjang PQ adalah .…
A. 5 cm
B. 4 cm
C. 3 cm
D. 2 cm
Pembahasan:
Rumus cepat untuk mendapatkan panjang PQ adalah
Rumus cepat untuk mendapatkan panjang PQ adalah
Jawaban: C
Contoh 6: Soal UN Matematika SMP/MTS Tahun 2007
Segitiga ABC siku-siku di B kongruen dengan segitiga PQR siku-siku di P. Jika panjang BC = 8 cm dan QR = 10 cm, maka luas segitiga PQR adalah ….
A. 24
B. 40
C. 48
D. 80
A. 24

B. 40

C. 48

D. 80

Pembahasan:
Perhatikan gambar di bawah!

Segitiga ABC dan PQR kongruen, sehingga panjang BC = PQ = 8 cm. Panjang RP dapat diperoleh menggunakan rumus pythagoras.

Segitiga ABC dan PQR kongruen, sehingga panjang BC = PQ = 8 cm. Panjang RP dapat diperoleh menggunakan rumus pythagoras.
Mencari luas segitiga PQR:
Jawaban: A
Bagaimana contoh soal dan pembahasan soal UN untuk materi kesebangunan dan kekongruenan untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Mudah bukan? Terimakasih sudah mengunjungi atikroest.blogspot.com, semoga bermanfaat!
VbuepalQnis_ji_2001 Joshua Faria https://marketplace.visualstudio.com/items?itemName=regmicoa.Descargar-Jailbreak-Lockdown-gratuita
BalasHapusberrehulti